Asal Usul Cupcake


Jujur, sebenarnya saya memuat tulisan tentang cupcake karena semalem barusan nonton acara Georgetown Cupcake yang tayang di salah satu TV. Setelah melihat acara tersebut, jadi tertarik dan sedikit berkhayal pingin punya toko cupcake sendiri disamping memang cupcake yang dibuat di acara tersebut sangat inovatif dan pemiliknya sangat kreatif. Yah, sebagai langkah kecil untuk memulai mimpi itu mungkin bisa menulis terlebih dahulu mengenai cupcake


Sekitar abad ke-19 cupcake mulai muncul dan berkembang di Amerika. Disebut cupcake mungkin karena bentuknya yang mini bin kecil, walaupun ada cupcake yang dibuat dalam ukuran yang lebih besar. Julukan cupcake muncul karena dahulu pembuatan kue ini dengan menakar bahan-bahan dalam ukuran cup (mangkok) bukan menggunakan timbangan seperti yang sering digunakan saat ini. 





Selanjutnya tradisi ini berkembang menjadi kebiasaan. Pada awalnya cupcake sering disebut kue angka karena takaran pengukurannya sangat mudah diingat. Misalnya, satu mangkok mentega ditambah dua mangkok gula pasir ditambah tiga mangkok tepung ditambah semangkok susu dan satu sendok soda kue.


Seiring berkembagnya jaman, kemudian orang-orang mulai membuat cetakan cupcake dalam wadah kaleng yang disebut muffin tins, yang mulai populer sekitar abad ke-20. Sat ini cupcake sudah menjadi sangat bervariasi, mulai dari komposisi bahan baku, ukuran, bentuk dan dekorasi.



Muffin Tin


Dari berbagai sumber

Komentar

  1. oh gitu ya gan asal usul cupcake nya,saya juga pengen buat cupcake di rumah heheh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syahrazad Dan Kisah 1001 Malam

Kenapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Mau Tau, Sejarah Setrika