Kanapa Langit Berwarna Biru?

Kenapa Langit Berwarna Biru?

Jika kita sedang berada di luar ruangan, cobalah melihat ke atas. Apa yang kita lihat? Ya, hamparan langit luas yang berwarna biru, terasa langit seperti tak berujung.
Dan kenapa langit bisa berwarna biru?Yaiyalah, nanti kalau warnanya kuning malah dikira…hehehe

Berikut penjelasan Kenapa Langit Berwarna Biru.
Atmosfir di bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel-partikel debu. Sinar matahari yang memasuki atmosfer tersebut akan bertemu dengan partikel-pertikel debu (kemudian mereka saling berkenalan dan menjadi sahabat sejati selamanya, halah..hehe). Sinar yang memiliki gelombang yang lebih panjang seperti warna merah dan kuning dapat melewati dan menembus partikel-partikel debu dalam atmosfer. Sedangkan warna dengan panjang gelombang yang lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfer. Jadi, itulah sebab kenapa langit berwarna biru.  Prinsip yang sama juga berlaku bagi air laut dan air danau yang terlihat biru. Sedangkan pada saat sore atau pagi hari langing terlihat berwarna kemerahan karena cahaya merah lah yang sampai ke bumi.


Itulah penjelasan singkat nan sederhana mengenai pertanyaan kenapa langit berwarna biru. Jadi sekarang kalau anda diberi pertanyaan oleh adik, saudara, anak, ataupun keponakan bisa jawab kan?
Semoga bermanfaat

Sumber:
www.fisikaasik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syahrazad Dan Kisah 1001 Malam

Kenapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Mau Tau, Sejarah Setrika