Apa Itu Genosida?

Saya yakin, sudah banyak yang mengerti dan paham betul dengan apa yang dimaksud dengan genosida. Namun, dalam tulisan kali ini saya hanya ingin mengulas sedikit tentang genosida dan beberapa kasus genosida yang pernah terjadi. So, silahkan disimak, semoga menambah wawasan.

Genosida
Menurut wikipedia, genosida adalah sebuah pembantaian besar-besaran yang dilakukan secara sistematis terhadap suatu suku bangsa maupun kelompok tertentu dengan maksud untuk memusnahkan bangsa/kelompok tersebut. Kata lain dari genosida adalah holocaust. Genosida atau holocaust adalah salah satu pelanggaran HAM berat 

Genosida tidak dapat dibenarkan dengan berbagai macam alasan, karena perbuatan ini akan menimbulkan teror mengerikan bagi suatu suku bangsa maupun kelombok bangsa tertentu dan tentu saja akan mengukir sejarah kelam dalam perjalanan hidup manusia di dunia.

Dari zaman dahulu, genosida sudah banyak terjadi di bumi ini. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai kasus-kasus genosida yang pernah terjadi di bumi.

1. Pembantaian bangsa Indian di Amerika (1492)
Bangsa Indian merupakan penghuni paling pertama di Amerika sebelum ditemukannya benua Amerika oleh Colombus. Ketika orang-orang Eropa mulai memasuki benua Amerika, maka dimulailah pembantaian besar-besaran terhadap orang-orang suku Indian di Amerika. Tujuan dari genosida ini adalah untuk memperkuat posisi bangsa Eropa di Amerika dan tentu saja ingin menguasai benua baru tersebut.

2. Genosida Bangsa Yahudi oleh Nazi

Hampir semua orang tahu dengan kejadian genosida yang dilakukan oleh pasukan Nazi terhadap bangsa Yahudi. Dalam buku-buku sejarah banyak dikatakan bahwa alasan utama Adolf Hitler melakukan pembantaian terhadap bangsa Yahudi adalah karena ia menganggap bahwa ras Aria (dalam hal ini adalah bangsa jerman) adalah ras yang paling unggul di muka bumi.Untuk itu Hitler menginginkan agar keaslian dang keunggulan dai ras Aria dapat terjaga. Salah satu caranya adalah dengan membunuh orang-orang yang dianggap cacat, dan berasal dari suku bangsa tak unggul.
Di tahun 1939-1945, pasukan militer Jerman bertanggung jawab atas pembunuhan 11-14 juta rakyat sipil. 6 juta diantaranya adalah orang Yahudi, jumlah tersebut setara dengan 2/3 jumlah rakyat Yahudi di Eropa. Pasukan tersebut juga membunuh 500.000-1.500.000 orang Yahudi.
Pembantaian tersebut dilakukan di kamp-kamp konsentrasi dan kamp-kamp pemusnahan. Sebagian besar korban dibunuh dengan cara dikurung di kamar gas, sedangkan sebagian lainnya mati karena kelaparan atau terkena infeksi penyakit selam menjadi budak.
3. Pembantaian Muslim Bosnia oleh Bangsa Serbia (1995)
Pembantaian ini dilakukan oleh bangsa Serbia terhadap kaum muslim Bosnia. Awal dari permasalah ini adalah adanya konflik antar etnis yang terjadi antara etnis Serbia dengan etnis Bosnia yang sebagin besar dalah umat muslim yang notabene adalah etnis minoritas di daerah Balkan.
Ribuan warga sipil Bosnia di bunuh oleh tentara Serbia setiap harinya. Ratusan perempuan muslim menjadi korban kebejatan moral mereka, banyak dari mereka yang diperkosa. Pada tanggal 6 Juli 1995, tentara Serbia berhasil memasuki kawasan Srebenica, disitulah tempat pengungsian ribuan warga muslim Bosnia yang berada di bawah perlindungan dari tentara perdamaian Belanda. Namun tentara perdamaian Belanda melakukan kesepakatan dengan tentara Bosnia dengan menukarkan 5000 pengungsi Bosnia dengan 14 orang tentara Belanda yang ditahan oleh tentara Serbia.Dan sekitar 5000 orang pengungsi tersebut dibantai habis oleh tentara Serbia. 

Demikian sedikit ulasan saya, masih banyak kisah genosida yang lain. Mungkin bisa saya lanjut di postingan selanjutnya..

Sumber :
Berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syahrazad Dan Kisah 1001 Malam

Kenapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Mau Tau, Sejarah Setrika