Sejarah Permen Karet

Permen karet adalah permen yang tak asing lagi bagi kita. Siapa sih yang ga tau permen karet. Permen favorit saya saat masih kecil. Mari disimak cerita kecil seputar permen karet berikut ini.
Permen karet adalah permen kunyah yang dapat menghasilkan gelembung jika ditiup.Permen karet bersifat lengket dan saat gelembung mengembang hingga batas tertentu maka gelembung akan pecah.

Hingga saat ini sejarah permen karet belum jelas kebenarannya. Bukti sejarah tertua ditemukan pada tahun 1993 oleh para arkeolog berupa tiga gumpalan uang berisi pemanis madu yang telah berusia 9000 tahun yang dikunyah oleh pemburu Swedia. Namun bagi masyarakat Yunani Kuno, mengunyah permen sudah merupakan kebiasaan umum dalam masyarakat. Mereka mengunyah sebuah damar dari pohon mastic yang berasal dari Turki. Di Amerika Utara  penduduk mempunyai kebiasaan mengunyah sesuatu yang terbuat dari damar pohon cemara. Suku Maya di Amerika Tengah mengunyah tsictle yang dikenal di Eropa sebagai Chicle. Chicle ini kemudian dikenal sebagai bahan pembuat permen karet.

Pembuatan permen karet dan bisnisnya pertama kali dilakukan oleh John Curtis pada tahun 1848 dengan mendidihkan damar cemara dalam panci yang dijajakan oleh anaknya dan ternyata laku keras. Pada tahun 1850, Curtis mengganti bahan bakunya dengan parafin atau malam yang diberi rasa manis, dibentuk dengan berbagai macam bentuk dan dibungkus dengan pembungkus berwarna cerah.

William F. Semple, seorang dokter gigi dari Mount Vermont pada tahun 1869 mendapatkan hak paten untuk permen karet pertama dengan bahan dasar getah karet. Namun William tidak mengkomersialkan temuannya tersebut. Yang melakukan komersialisasi permen karet dan yang sering disebut sebagai penemu permen karet adalah Thomas Adams, yang merupakan orang yang memiliki wawasan luas dan membuka usaha pembuatan gelas di Manhattan.

Produksi pertama permen karet Thomas Adams dan putranya, Thomas jr adalah bola permen karet tanpa rasa berwarna putih yang ternyata laku dijual. Dua tahun kemudian, keluarga mereka membuat mesin produksi permen karet yang dirancang sendiri oleh Thomas Adams untuk membuat batangan-batangan permen karet yang diberi pemanis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syahrazad Dan Kisah 1001 Malam

Kenapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Mau Tau, Sejarah Setrika