Mau Tau, Burung Apa Saja Yang Tidak Bisa Terbang?

Burung bisa terbang? Itu biasa. Bagaimana jika dengan burung yang tidak bisa terbang? Mungkin anda kan bertanya-tanya, memang ada burung yang tidak bisa terbang?

Yap, jawabannya adalah "Ada" saudara-saudara sekalian. Ada beberapa burung yang tidak bisa terbang tinggi diangkasa seperti yang biasa kita lihat.

Sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai burung.
Burung adalah anggota kelompok hewabn bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Jenis-jenis burung pun bervariasi, mulai dari burung yang sekecil burung kolibri sampai burung unta yang lebih tinggi dari manusia. Dari berbagai kelompok burung yang ada di dunia, ada beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang.

BURUNG-BURUNG YANG TIDAK BISA TERBANG

 1. Burung Takahe (Takahe Birds)

Takahe Bird
Burung Takahe atau Porphyrio hochstetteri merupakan burung terbang asli dari negara Selandia Baru dan termasuk keluarga rail family. Takahe ini ditemukan di habitat padang rumput pegunungan. Itu makan rumput, tunas dan serangga. Sempat dinyatakan Punah, namun
diketemukan kembali di dekat Danau Te Anau di gunung Murchison.

2. Penguin

Pinguin
 Pinguin merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang, namun merupakan perenang yang ulung. Beberapa spesies burung ini berhabitat di daerah dingin seperti berada di kutub selatan atau Antartika. Namun ada spesies yang hidup di daerah tropis, yaitu Pinguin Galapagos yang hidup di Kepulauan Galapagos.

3. Burung Kiwi

Burung Kiwi

Habitat burung Kiwi berada di Selandia Baru, burung Kiwi juga dijadikan sebagai lambang negara Selandia Baru. Populasi Kiwi saat ini terancam punah. 

4. Burung Kasuari (Cassowary)

Kasuari

Burung Kasuari merupakan sejenis burung yang mempunyai ukuran tubuh yang sangat besar dan tidak mampu terbang. Burung Kasuari mempunyai sifat yang galak jika diganggu. Burung Kasuari tidak akan segan-segan untuk mengejar para pengganggunya. Burung ini jusuk dalam Guinness Book Of Records, sebagai burung paling berbahaya di dunia.

5. Burung Unta (Ostrich)

Burung Unta


Burung Unta merupakan burung terbesar yang masih hidup. Burung ini memang tidak bisa terbang, namun merupakan burung pelari tercepat di darat dengan kecepatan lari sekitar 46 mil per jam.

6. Burung Rhea (Rhea Birds)

Burung Rhea

Rhea adalah burung yang berasal dari Amerika Serikat, burung besar yang tidak dapat terbang. Jumlah jari kaki Rhea hanya tiga, namun hal ini membuat mereka leluasa untuk berlari.
Secara fisik, Rhea memiliki kemiripan dengan burung unta.


7. Emu

Burung Emu
 
 Emu adalah burung asli Australia yang terbesar. Emu merupakan burung terbesar kedua yang tidak bisa terbang setelah burung unta. 

8. Kakapo

 

Populasinya banyak terdapat di Selandia Baru. Burung ini nampak seperti burung hantu, namun jelas yang membedakan adalah burung kakapo ini tidak bisa terbang dan ber-uhu-uhu di dahan pohon yang tinggi.


9.  Flightless Cormorant or Galapagos Cormorant

Flightless Cormorant or Galapagos Cormorant

Dari nama burung ini dapat ditebak, bahwa burung tersebut berasal dari Kepulauan Galapagos dan tidak bisa terbang.


Sumber :
dan sumber lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syahrazad Dan Kisah 1001 Malam

Kenapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Mau Tau, Sejarah Setrika