Mau Tau, Tempat Dingin di Bumi

Di belahan bumi ini ada tempat-tempat yang memiliki suhu udara yang ekstrem dingin. Bagaimana rasanya tinggal di suatu tempat dengan suhu minus 50 derajad Celcius?Brrrr, bisa dibayangkan betapa dinginnya suhu udara tersebut. Berikut adalah tempat-tempat di bumi yang memiliki suhu udara yang sangat dingin.


1. Yakutsk, Rusia

Yakutsk, Rusia

Yakutsk adalah sebuah kota di Timur Rusia, terletak sekitar 4 ° (450 kilometer) di bawah Lingkaran Kutub Utara. Ini adalah ibukota Sakha Rusia dan pelabuhan utama di Sungai Lena.
Yakutsk merupakan salah satu kota terdingin di Bumi. Yakutsk memiliki suhu rata-rata pada bulan Januari sekutar -40,9 ° C (-42 ° F). Suhu rata-rata tahunan di Yakutsk sekitar -10 derajad Celcius, suhu paling rendah yang pernah dicatat di Antartika.
Namun, pada bulan Juli suhu di Yakutsk bisa mencapai 32 ° C (90 ° F). Hal ini menjadikan Yakutsk sebagai kota dengan perbedaan suhu musiman yang terbesar di dunia.


2. North Ice Station, Greenland        

North Ice Station, Greenland

Greenland memang terkenal sebagai wilayah paling dingin di belahan bumi bagian Barat. Tapi, suhu terendah yang pernah tercatat di Greenland ada di North Ice Station, sebuah daerah pusat penelitian milik negara Inggris, dengan suhu minus 66 derajat Celcius.

3. Verkhoyansk, Rusia

Verkhoyansk, Rusia
 Merupakan sebuah kota republik Sakha, bermuara di Sungai Yana, dan terletak di lingkaran Arktik.  Terletak 875 dari kota Yakutsk. Kota ini dikenal memiliki pelabuhan, bandara dan sungai. Verkhoyansk memiliki 1.434 jiwa (2002). Pada musim dingin tiba, suhu udara di kota ini mencapai -50 °C (-59 °F).


4. Oymyakon, Rusia

Oymyakon, Rusia

 Omyakon masih bedekatan dengan Verkhoyamsk dan Yakutsk. Kota ini hanya dihuni oleh 900 orang, pada musim dingin suhu udara di Omyakon bisa mencapai minus 71 derajad Celcius. Musim dingin di Omyakon berlangsung sangat lama, yaitu selama sembilan bulan. Bisa dibayangkan sembilan bulan kedinginan, dan hanya tiga bulan merasakan hangat matahari.


 5. Vostok Station, Antartika


Vostok Station

Ini dia tempat terdingin di dunia. Suhu terendah di Vostok Station mencapai minus 89 derajat Celcius, Vostok, yang dalam bahasa Rusia berarti timur, hanya dipakai sebagai pusat penelitian milik Rusia. Mungkin karena suhu dingin yang "kelewat" ekstrim, Vostok Station bukanlah tempat yang ideal untuk dihuni.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syahrazad Dan Kisah 1001 Malam

Kenapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Mau Tau, Sejarah Setrika