Mau Tau, Manfaat Air Putih

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi manusia. Bayangkan saja, manusia dapat bertahan selama berbulan-bulan tanpa makan. Namun manusia hanya dapat bertahan selama satu hari tanpa minum. Setiap sel dalam tubuh manusia memmbutuhkan air untuk memperlancar proses metabolismenya. Hampir sebagian besar dari tubuh manusia terdiri dari air. 


Berikut adalah manfaat-manfaat dari air putih :
  1. Memperlancar sisitem pencernaan u,ntuk yang susah buang air besar bisa banyak-banyak minum air putih. Insya Allah nanti lancar jaya. Selain itu dapat men-efisienkan pembakaran kalori dalam tubuh.
  2. Menjaga kelembaban kulit. Jika kita kekurangan minum air putih, maka tubuh akan mengambil air dari permukaan kulit sehingga menyebabkan kulit kita menjadi kering dan berkerut. Pastinya hal ini akan mengurangi kecantikan kulit bagi kaum hawa. Untuk menjaga agar kulit tetap lembab, usahan minum air putih 8-10 gelas perhari.
  3. Memperlambat tumbuhnya zat penyebab kanker dan juga dapat menegar munculnya penyakit hati dan juga batu ginjal. Selain itu, minum air putih juga dapat menyebabkan tubuh terasa lebih berenergi.
  4. Baik untuk kesuburan. Mengkonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pri dan hormon estrogen pada wanita. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Riset Trombosis di London, Inggris, jika seserorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya akan lancar dan tubuh akan terasa lebih segar. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang  terhadap serangan virus. Selain itu, jaringan kulit akan membaik, kuku lebih sehat dan tidak mudah retak. So, yang masih males mandi buruan rajin-rajinlah mandi karena selain badan menjadi bersih dan wangi juga kita akan bertambah sehat.
  5. Dapat menguruskan badan. Wow, berita bagus buat yang punya bodi lebih ni. Air putih memiliki sifat untuk menhilangkan kotoran-kotoran yang ada dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine.  


 Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Minum Air Putih

Menurut pengalaman penulis, dewasa ini banyak anak muda yang enggan minum air putih. Alasannya sepele, karena dirasa minum air putih kurang enak dan mereka lebih memililih minuman kemasan dengan berbagai variasi rasa. Banyak orang yang belum mengerti akan bahaya yang dapat muncul jika tubuh kita kekurangan air putih. So, yang merasa peduli dengan kesehatan tubuh masing-masing mari disimak ulasan di bawah ini

Untuk menjaga kesehatan, manusia normal membutuhkan asupan air kedalam tubuhnya sebanyak kurang lebih 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas perhari. Air sebanyak itu yang dikonsumsi oleh tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk keringat, urine, pernapasan dan sekresi.

Jika dalam sehari kita menkonsumsi air kurang dari 2 liter, maka tubuh secara otomatis akan menyeimbangkan diri. Tubuh akan mengambil air dari bagian tubuh kita sendiri, yang dimulai dari komponen yang terdekat, yaitu darah. Karena kandungan air dalam darah diambil, maka darah akan mengental dan proses peredarannya menjadi tidak lancar.
Dalam proses ini, bagian tubuh yang akan menjerit-jerit menderita adalah ginjal. Ginjal akan mengalami kesulitan dalam menyaring racun dalam darah yang kental. Tak jarang darah ini akan menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

Jika hal tersebut berlarut-larut dibiarkan, lama kelamaan air kencing akan berwarna kemerahan sebagai pertanda mulai bocornya saluran ginjal. Kalau sudah begini yang harus dilakukan adalah melakukan cuci darah secara rutin. Waw, bisa dibayangkan berapa rupiah yang akan melayang jika harus melakukan cuci darah secara rutin.

Selain berpengaruh terhadap ginjal, jumlah konsumsi air putih juga akan memiliki kaitan dengan otak. Jika kita kekurangan air dalam tubuh, maka perjalanan darah ke otak pun akan terhambat. Hal ini dapat menyebkan otak tidak lagi encer. Sel-sel otak termasuk organ yang rakus akan konsumsi makanan dan oksigen. Terhalangnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati dan tidak bisa berfunsi sebagaimana mestinya.


Setelah membaca bahaya-bahaya tersebut, apakah kita tetap malas untuk sekedar minum air putih? Pilihan ada di tangan anda..
So, marilah kita semakin rajin mengkonsumsi air putih. Selain murah meriah, juga dapat menyehatkan badan.

* Dari Berbagai Sumber





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syahrazad Dan Kisah 1001 Malam

Kenapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Mau Tau, Sejarah Setrika